Short Bootcamp dan Lomba

Kategori Short Bootcamp & Lomba ditujukan khusus bagi pelajar SMA/SMK, dengan menggabungkan pelatihan dan kompetisi sebagai sarana untuk memperkenalkan dunia teknologi secara langsung, praktis, dan aplikatif.

Live Digital Painting

Pelatihan dasar dalam pembuatan poster digital painting, yang diakhiri dengan kompetisi untuk menampilkan hasil karya peserta.

Pelaksanaan
Pelatihan
:
Rabu – Kamis, 16 – 17 Juli 2025
Lomba
:
Jumat, 18 Juli 2025
Jam
:
09.00 – 15.00 WIB
Tempat
:
Laboratorium 2.4.4
Peserta
:
Pelajar SMA/SMK
Ketentuan Lomba LDP
  1. Lomba dilaksanakan secara offline di UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA melalui mekanisme pendaftaran
  2. Pada saat lomba peserta diberikan kebebasan menggunakan software dan hardware yang dimiliki pribadi atau menggunakan properti dari kampus (PC, photoshop dan drawing pad)
  3. Lomba bersifat individual
  4. Tema lomba akan diberikan saat lomba dilaksanakan
  5. Peserta harus memulai gambar dari kanvas kosong, dengan ukuran A3 resolusi maks 300 dpi
  6. Dilarang menggunakan aset sudah siap pakai, aset jadi, baik berijin maupun tidak
  7. Dilarang menggunakan segala bentuk AI
  8. Penilaian dititik beratkan pada originalitas, kreativitas dan kesesuaian dengan tema
  9. Semua hasil karya akan dipamerkan di acara EXHIBITION AMICTA 2025 di Sleman City Hall
  10. Akan ada pemenang dari kategori Siswa dan Mahasiswa
3D Modeling

Pelatihan dasar dalam pembuatan model karakter 3D, yang dilanjutkan dengan kompetisi sebagai bentuk penerapan keterampilan yang telah dipelajari.

Pelaksanaan
Pelatihan
:
Rabu – Kamis, 16 – 17 Juli 2025
Lomba
:
Jumat, 18 Juli 2025
Jam
:
09.00 – 15.00 WIB
Tempat
:
Laboratorium 2.3.3
Peserta
:
Pelajar SMA/SMK
Ketentuan Lomba 3D Modelling
  1. Lomba dilaksanakan secara offline di UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA melalui mekanisme pendaftaran
  2. Pada saat lomba peserta diberikan kebebasan menggunakan software dan hardware yang dimiliki pribadi atau menggunakan properti dari kampus
  3. Lomba bersifat individu
  4. Tema lomba akan diberikan saat bootcamp
  5. Peserta akan diberikan model base dasar dan kemudian merekayasa menjadi modeling baru
  6. Dilarang menggunakan aset sudah siap pakai, aset jadi, baik berijin maupun tidak
  7. Dilarang menggunakan segala bentuk AI
  8. Penilaian dititik beratkan pada originalitas, kreativitas dan kesesuain dengan tema
  9. Semua hasil karya akan dipamerkan di acara EXHIBITION AMICTA 2025 di Sleman City Hall

Broadcasting & Video Editing

Pelatihan dasar dalam produksi acara dan video, termasuk pengoperasian peralatan broadcasting, yang diakhiri dengan sesi kompetisi untuk menguji keterampilan peserta.

Pelaksanaan
Pelatihan
:
Rabu – Jumat, 16 – 18 Juli 2025
Lomba
:
Jumat, 18 Juli 2025
Jam
:
09.00 – 15.00 WIB
Tempat
:
Laboratorium 7.6.2 dan Laboratorium 7.6.3
Peserta
:
Pelajar SMA/SMK
Ketentuan Lomba Broadcasting & Video Editing
  1. Lomba dilaksanakan secara offline di UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA melalui mekanisme pendaftaran
  2. Peralatan akan disediakan oleh panitia
  3. Dikerjakan secara berkelompok dengang anggota sebanyak 5 orang
  4. Tema lomba akan diberikan saat bootcamp dilaksanakan
  5. Peserta akan diminta membuat sebuah acara dan persiapan peralatannya dengan waktu yangs duah ditentukan.
  6. Produksi acara dan pasca produksi dilakukan di amikom
  7. Penilaian dititik beratkan pada originalitas, kreativitas dan kesesuain dengan tema
  8. Semua hasil karya akan dipamerkan di acara EXHIBITION AMICTA 2025 di Sleman City Hall
UI/UX Design

Pelatihan dasar dalam merancang antarmuka dan pengalaman pengguna untuk aplikasi berbasis web, desktop, maupun mobile, dengan pendekatan berbasis permasalahan dan solusi.

Pelaksanaan
Pelatihan
:
Senin – Selasa, 21 – 22 Juli 2025
Lomba
:
Jumat, 25 Juli 2025
Jam
:
08.00 – 16.00 WIB
Tempat
:
Laboratorium 7.5.3
Peserta
:
Pelajar SMA/SMK
Ketentuan Lomba UI/UX Design
  1. Lomba dilaksanakan secara offline di UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA melalui mekanisme pendaftaran
  2. Peralatan akan disediakan oleh panitia
  3. Dikerjakan secara individu ataupun berkelompok (maksimal 3 orang)
  4. Tema lomba berupa merancang UI/UX produk ICT
  5. Peserta diwajibkan sudah memiliki masalah dan solusi yang mengarah ke pengembangan produk ICT
  6. Peserta yang mengikuti bootcamp adalah peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas
  7. Peserta yang masuk ke tahap nominator berasal dari produk hasil bootcamp yang masuk dalam kualifikasi penilaian juri
  8. Penilaian dititik beratkan pada ide, solusi & produk hasil bootcamp
    Semua hasil karya akan dipamerkan di acara EXHIBITION AMICTA 2025 di Sleman City Hall

Business Plan

Pelatihan dasar penyusunan rencana bisnis yang ditujukan bagi palajar SMA/SMK dan calon wirausahawan muda (youthpreneur), dengan output berupa ide bisnis yang inovatif dan orisinal.

Pelaksanaan
Pelatihan
:
Kamis, 17 Juli 2025
Lomba
:
Rabu, 23 Juli 2025
Jam
:
09.00 – 15.00 WIB
Tempat
:
Laboratorium
Peserta
:
Pelajar SMA/SMK
Ketentuan Lomba Business Plan
  1. Peserta bisa perorangan maupun tim (maksimal 3 orang)
  2. Satu peserta hanya boleh tergabung dalam 1 tim
  3. Tim membuat Dokumen Business Model Canvas (BMC) yang dikirimkan secara online dengan tema sesuai ketentuan
  4. Tim yang dinyatakan lolos seleksi dokumen akan mengikuti bootcamp di Universitas Amikom Yogyakarta
  5. Tim melanjutkan pembuatan business plan untuk persiapan pitching day (lomba)
  6. Pitching day dilaksanakan di Universitas Amikom Yogyakarta
  7. Ketentuan dapat dilihat melalui s.amikom.ac.id/panduanBP2025
  8. Hasil karya akan dipamerkan pada EXHIBITION AMICTA 2025
    di Sleman City Hall
Internet of Things (IoT)

Kompetisi yang menantang peserta untuk menciptakan solusi inovatif berbasis perangkat yang saling terhubung melalui internet. Kegiatan ini tidak mencakup sesi pelatihan (bootcamp), sehingga peserta diharapkan telah memiliki pemahaman dasar sebelum mengikuti kompetisi.

Pelaksanaan
Pelatihan
:
Lomba
:
Jumat, 25 Juli 2025
Jam
:
08.00 – 16.00 WIB
Tempat
:
Laboratorium 7.4.3
Peserta
:
Pelajar SMA/SMK
Ketentuan Lomba IoT
  1. Lomba dilaksanakan secara offline di UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA melalui mekanisme pendaftaran dan seleksi.
  2. Peralatan dasar IoT (seperti ESP32, sensor, breadboard) akan disediakan oleh panitia.
  3. Lomba dapat diikuti secara individu maupun berkelompok (maksimal 3 orang per tim).

Capture The Flag (CTF)

Kompetisi di bidang keamanan siber yang menantang peserta untuk menyelesaikan berbagai tantangan teknis, seperti eksploitasi sistem, kriptografi, kerentanan web, rekayasa balik, dan forensik digital.

Pelaksanaan
Pelatihan
:
Lomba
:
Jumat, 25 Juli 2025
Jam
:
09.00 – 15.00 WIB
Tempat
:
Ruang Citra 1, Ruang Citra 2, Ruang Kelas Internasional
Peserta
:
Pelajar SMA/SMK
Ketentuan Lomba CTF
  1. Lomba dilaksanakan secara offline di Universitas Amikom Yogyakarta.
  2. Internet dan platform CTF disediakan oleh panitia; peserta hanya perlu membawa laptop pribadi.
  3. Lomba dilaksanakan secara berkelompok, dengan jumlah anggota maksimal 3 orang per tim.
  4. Peserta adalah siswa SMA/SMK yang telah mendaftar dan lolos seleksi administrasi.
  5. Soal-soal mencakup kategori dasar: web security, cryptography, reverse engineering, binary exploitation, dan digital forensics.
  6. Setiap tim akan berusaha memecahkan soal untuk menemukan “flag” yang bernilai poin.
  7. Total skor dihitung berdasarkan jumlah dan bobot flag yang berhasil ditemukan dalam waktu yang ditentukan.
  8. Waktu pengerjaan akan diumumkan secara resmi oleh panitia saat lomba dimulai.
  9. Dilarang melakukan tindakan yang merusak sistem, menyerang platform lomba, atau mengganggu tim lain.
  10. Etika kompetisi dan fair play sangat dijunjung tinggi.